Kamis, 11 Agustus 2011

MANFAAT INTERNET MENURUT BIDANG-BIDANGNYA


1. MANFAAT INTERNET DALAM BIDANG PENDIDIKAN 


Internet berawal dari institusi pendidikan dan penelitian di Amerika Serikat. Penggunaan Internet untuk kepentingan bisnis baru dilakukan semenjak tahun 1995, belum genap enam (6) tahun yang lalu. Di luar negeri, Internet ini sering diasosiasikan dengan perguruan tinggi, sementara di Indonesia, Internet lebih diasosiasikan dengan bisnis (ISP, e-commerce) dan entertainment.
Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Adanya Internet memungkinkan dunia pendidikan untuk mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak.
Manfaat Internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.
Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni: (1) sebagai sumber data dan informasi, (2) sarana pertukaran data dan informasi. Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis sumber informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Bidang apa pun yang diminati, pasti ada informasi di Internet. Ini dapat digunakan siswa untuk mencari bahan ajar dalam pembelajaran di sekolah. Bagi siswa yang kurang mampu, ini sangat memudahkannya dalam mencari bahan ajar karena siswa tidak perlu lagi untuk membeli buku.
Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik ke dua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Misalnya, seorang siswa di Makassar dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di Palo Alto, Amerika Serikat.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. Sebagai media interpersonal dan massa;
b. Bersifat interaktif,
c. Memungkinkan komunikasi secara bebas.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer atau pelengkap.
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan :
• Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat,
• Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
• Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
• Daya tampung meningkat,
• Adanya standardisasi pembelajaran,
• Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas.
Manfaat-manfaat internet di atas semoga dapat memudahkan dan melancarkan pendidikan di Indonesia.

   2. MANFAAT INTERNET DALAM DUNIA BISNIS

E-commerce merupakan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi  atau pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya, seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama PT. Alam Dewata Utama, Iman Sulaiman  yang menjadi pembicara dalam seminar sehari yang diadakan pada hari Sabtu, 17 Juli 2010 yang bertempat di Gedung Nakula Sahadewa (Aula) STIE Satya Dharma Singaraja. Kegiatan seminar ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa STIE Satya Dharma Singaraja dan perwakilan dari dunia usaha seperti Koperasi dan bank perkreditan rakyat yang ada di kota Singaraja.Lebih lanjut Iman Sulaiman mengatakan Internet yang menjadi salah satu saluran bagi perkembangan e-commerce berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan professional. Dampaknya mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita didalamnya. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini dapat memberikan pemahaman bagi mahasiswa dalam pemanfaatan internet dibidang bisnis.
 
3. MANFAAT INTERNET DALAM BIDANG PEMERINTAHAN

Implikasi di Bidang Pemerintahan
Implikasi IT dan Internet kepada bidang Pemerintahan agar kurang banyak dibahas, meskipun istilah e-government sering muncul dalam tulisan dan pemberitaan. IT dan Internet memaksa pemerintah untuk menjalankan pemerintahan dengan transparan. Pejabat-pejabat harus dapat dihubungi melalaui e-mail. Birokrasi untuk melakukan pelaporan dapat dikikis dengan menggunakan Internet.
Aplikasi IT yang berhubungan dengan pemerintahaan adalah aplikasi yang dapat mendekatkan pejabat dengan rakyatnya. Town house meeting dapat dilaksanakan melalui teleconferencing. Demonstrasi dari mahasiswa dan rakyat dapat dikurangi atau bahkan dihindari bila mereka dapat melakukan dialog (baik secara tatap mata maupun secara elektronik) dengan para pejabat. Mengapa tidak menggunakan teleconferencing dimana rakyat langsung dapat menghadap dan berdialog dengan pejabat, meskipun letak fisik diantara keduanya cukup jauh?
Di Indonesia, IT sebetulnya sudah lama digunakan di bidang pemerintahaan. Penggunaan Internet juga sudah dimulai dengan adanya aplikasi “RI-NET” sebagai salah satu aplikasi pemacu program Telematika Indonesia. Aplikasi RI-NET ini memberikan akses email kepada para pejabat, memberikan layanan web (homepage) yang dapat diakses di http://www.ri.go.id, memberikan layanan pertukaran informasi multimedia, dan di kemudian hari akan memiliki aplikasi Decission Support System.
Salah satu contoh aplikasi lain adalah penggunaan web untuk menampilkan hasil pemilu yang baru lalu. Pengguna Internet di mana saja dapat melihat hasil pemilu secara on-line dan real-time di http://www.kpu.go.id dan http://www.hasilpemilu99.or.id. Hal ini memberikan keterbukaan (transparansi) pada proses pemilu. Hasilnya dapat kita lihat bahwa tidak banyak orang yang mengeluhkan masalah hasil pemilu yang baru lalu.


4. Manfaat INTERNET bagi Masyarakat

Di zaman sekarang, dengan mudahnya masyarakat bisa mendapatkan layanan INTERNET. Banyak penyedia layanan INERNET menawarkan layanan mereka dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Warung Internet ( warnet ) pun sudah semakin banyak didirikan. Semua itu dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakt akan jasa layanan INTERNET.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dari INTERNET. Kita dapat memproleh informasi tentang segala sesuatu yang kita inginkan melalui INTERNET. Dengan INTERNET, kita dapat memperoleh perkemangan berita lebih cepat, informasi lowongan kerja, informasi teknologi terbaru, untuk tukar pendapat dengan orang lain, untuk berkomunikasi dengan teman atuau saudara yang jauh jaraknya, dan lain sebagainya.
Secara umum, manfaat INTERNET bagi mayarakat yaitu dapat menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan informasi dunia luar.
Beberapa contoh dari Pemanfaatan Internet :
• Di Bidang Pendidikan
Cara belajar yang benar dan efisien mempengaruhi  pemahaman dalam materi yang diajarkan. Cara belajar yang membosankan akan mengurangi minat belajar yang berujung pada kurangnya memahami materi tersebut.
Saat kita mencoba membaca buku yang terlihat hanyalah tulisan yang banyak, paragraf membosankan dan gambar yang sedikit dll.
Untuk itulah internet di manfaatkan sebagai wujud perkembangan teknologi dan berkembangnya juga cara belajar.
Sebagai contoh: Pada cara pemahaman materi yang diterapkan di kampus saya, Gunadarma University. Yaitu dengan adanya Integrated lab, Virtual Class dan Tugas Portofolio.
Integrated Lab (I-Lab) adalah Praktikan mengerjakan praktikum secara mandiri,semua perintah ,langkah-langkah pengerjaan praktikum dan permintaan jawaban atas suatu persoalaan yang berkaitan dengan praktikumnya dapat dilakukan melalui terminalnya masing-masing. I-lab berlokasi pada suatu kampus sehingga login dikerjakan dalam satu waktu. syarat login adalah username dan password yang ada distudentsite. I-lab terdiri dari pre-test,activity lab, dan post test. Ketigax memiliki batasan waktu sehingga dibutuhkan ketelitian untuk menjawab soal-soal yang ada.
Berbeda dengan I-lab, Virtual Class (V-Class) dapat login,membaca materi dan mengerjakan persoalan dirumah/warnet/ dimana saja selain itu syarat login adalah NPM (nomor pokok mahasiswa) dan password yang ada distudentsite. Disini kita juga bisa langsung berkomunikasi dengan dosen yang bersangkutan via chat, bila dosen membuka forum kita juga bisa mengemukakan pendapat.
Nilai yang didapat dari pengerjaan I-lab ataupun V-class dapat dilihat langsung, sehingga kita tahu dimana letak kesalahaan kita dan mengetahui batas kemampuan kita.
Tugas portofolio berkaitan dengan aktifitas blog yang dilakukan.
• Di Bidang Usaha
Mempromosikan suatu barang yang dibuat dapat dilakukan di internet. Kita dapat meng-upload foto-foto barang yang ingin kita jual di suatu situs social networking atau situs pribadi. Dan banyak cara juga menghasilkan uang diinternet.
• Di Bidang Sosial
Dengan adanya situs social networking, kita dapat berkomunikasi dengan berbagai orang di penjuru dunia, bahkan dengan teman lama dll.
• Di Bidang Kesehatan
Untuk mengetahui perkembangan penyakit-penyakit di seluruh dunia dan mengetahui alat-alat kedokteran yang terus-menerus semakin canggih, hal tersebut kita ketahui melalui internet.
• Hiburan
Rutinitas yang tiada henti membuat kita membutuhkan hiburan, hiburan dapat kita lakukan dimana saja begitupula di internet. Menonton video di youtube (http://www.youtube.com), mendengarkan lagu-lagu di immeem(http://www.imeem.com), bermain game yang ada di situs sosial networking (http://www.facebook.com , http://www.hi5.com, http://www.myyearbook.com, http://www.myspace.com dll) atau game onlines  dsb.
• Informasi
Mengetahui berita-berita terbaru di berbagai belahan didunia dapat dilakukan di internet, anda dapat browsing ke situs http://www.detik.com , http://www.okezone.com, dll


Tidak ada komentar:

Posting Komentar